Search

Content

Ruang Aplikasi | Ruang E-book | Ruang Source Code
Minggu, 22 April 2012

Database

   Setiap cabang disiplin ilmu pasti memiliki karakteristik dan spesialis tersendiri. Salah satunya adalah penggunaan istilah yang kadang membuat telinga kita terngiang mendengarnya. Di dalam ilmu komputer terdapat banyak sekali istilah yang harus kita pahami yaitu salah satunya adalah database. Di dalam istilah database itu sendiri ada bagian penting yang harus kita ketahui, antara lain ;


Diagram
       Database diagram adalah sebuah alat visual yang memungkinkan untuk merancang dan memvisualisasikan data base-database yang berhubungan. Ketika merancang database, anda dapat menggunakan Database Diagram untuk membuat, mengedit, atau menghapus tables, columns, keys, indexes, relationships, and constraints. Untuk memvisualisasikan database, anda dapat membuat satu atau lebih diagram yang menggambarkan sebagian atau semua tables, columns, keys, dan hubungan di dalamnya.

     Untuk database apapun, anda bisa membuat diagram database yang di inginkan. Setiap table database dapat muncul pada sejumlah diagram. Dengan demikian, anda dapat membuat diagram yang berbeda untk memvisualisasikan bagian-bagian yang berbeda dari database, atau untuk menekankan aspek yang berbeda dari desain. Sebagai contoh, anda dapat membuat diagram besar yang menampilkan semua tabel dan kolom. Anda dapat membuat diagram yang lebih kecil yang menunjukkan semua tabel tanpa menunjukkan kolom. Setiap diagram database yang anda buat disimpan dalam database terkait.

Table
       Fondasi dari setiap Relational Database Management System adalah objek databse yang disebut table. Setiap database terdiri dari satu atau lebih tabel, yang menyimpan data/informasi database. Setiap tabel memiliki nama yang unik dan terdiri dari kolom dan baris. Setiap tabel terdiri dari serangkaian kolom yang berisi informasi tentang jenis data yang tersimpan dalam tabel. Setiap kolom harus diberi nama, tipe data, dan panjang. Tabel A juga dapat memiliki satu set foreign key, key constraint, rules dan index. Kolom, index, constraint, dan trigger pada suatu tabel akan dianggap properti dari tabel dalam database diagram.


     Kolom-kolom pada tabel database (disebut juga field tabel) memiliki nama-nama mereka sendiri yang unik dan memiliki tipe data yang telah di definisikan sebelumnya. Kolom-kolom pada tabel juga dapat memiliki atribut yang mendefinisikan fungsi kolom tersebut (kolom sebagai primary key, kolom tidak memiliki indeks yang di definisikan pada kolom tersebut, kolom memiliki nilai default tertentu, dan sebagainya)

View
      Data pada SQL server disimpan dalam bentuk tabel dan anda dapat melakukan pengolahan data secara fisik pada tabel tersebut. Begitu juga dengan view, View dapat juga dipakai untuk pemanggilan data. Namun view tidak menyimpan data secara fisik pada disk. View adalah salah sat objek database yang merupakan turunan dari satu atau lebih tabel.

      Anda dapat menggunakan View untuk menyajikan data yang diambil dari dua tabel yang digabungkan, namun seolah-olah berasal dari satu tabel sehingga menyederhanakan skema dari database anda bagi pengguna melakukan laporan ad-hoc. Anda juga dapat menggunakan View sebagai mekanisme keamanan untuk membatasi data yang tersedia bagi pengguna akhir. View juga dapat berupa data agregat (sangat berguna jika anda dapat mengambil keuntungan dari indexed views), dan membantu data partisi.

Kegunaan View ;
* Untuk menyembunyikan kompleksitas dalam skema database, atau menyesuaikan data dan skema untuk satu set pengguna
* Untuk mengontrol satu set pengguna
* Untuk menampilkan hasil perhitungan data
* Untuk membuat laporan

Store Procedure
    Store Procedure adalah sekelompok pernyataan Transact-SQL yang dikompilasi menjadi rencana eksekusi tunggal. Prosedur yang disimpan sangat membantu dalam mencapai implementasi yang konsisten dari logika di seluruh aplikasi. Statement dalam SQL dan logika yang diperlukan untuk melakukan tugas dapat dirancang, dikode, dan di uji sekali dalam procedure yang disimpan. Koding logika bisnis menjadi prosedur yang tersimpan tunggal juga menawarkan satu titik kontrol untuk memastikan bahwa aturan-aturan bisnis dengan benar ditegakkan.

Manfaat menggunakan Store Procedure dalam SQL Server adalah ;
- memungkinkan pemrograman modular
- eksekusi lebih cepat
- mengurangi network traffic
- dapat digunakan sebagai mekanisme keamanan

Users
      Untuk dapat terhubung ke sebuah instance SQL Server, pertama anda harus login terlebih dahulu sehingga instance dapat mengotentikasi anda (mengetahui siapa anda). Tetapi untuk melakukan operasi pada database, anda memerlukan User account dalam database tersebut. User account digunakan untuk mengakses database. Jadi anda bisa login, tapi jika anda tidak memiliki akun user yang berhubungan untuk login itu, anda tidak akan dapat mengakses database tersebut.

     SQL Server memungkinkan untuk membuat login bagi pengguna. Setiap individu yang membutuhkan akses ke SQL Server dapat diberikan user account mereka sendiri. Ketika administrator mengkonfigurasi user login ini, ia dapat menetapkan mereka ke sejumlah peran dan skema, tergantung pada akses individu yang berhak.

Roles
        Ketika membuat login user baru di SQL Server, anda dapat memilih untuk menempatkan user baru ini ke satu atau lebih Server Role (peran) pada server. Server Roles (bukan peran database) tersedia untuk melakukan berbagai tugas administrasi dalam database. Tidak semua orang bisa mendapatkan server role. Pada kenyataannya, hanya pengguna seperti database administrator yang diberikan server role. Beberapa peran dalam SQL Server sys admin, server admin, setup admin, security admin, process admin, db creator, disk admin, bulk admin, public.

0 comments:

Posting Komentar

* No Spam
* No Promotion
* No Link

Follower


My Inspiration

Roy Tanck's Flickr Widget requires Flash Player 9 or better.

About Me

Foto Saya
Aku bukan yang terbaik... Namun aku akan selalu belajar untuk memberikan yang terbaik dan untuk menjadi yang terbaik.