Search

Content

Ruang Aplikasi | Ruang E-book | Ruang Source Code
Sabtu, 21 April 2012

Pengenalan SQL Server

      Microsoft SQL Server merupakan Relational Database Management System (RDBMS) yang dirancang untuk dapat berjalan pada platform mulai dari laptop hingga server multiprosessor besar. SQL Server biasanya digunakan sebagai sistem backend untuk website dan CRMS perusahaan dan dapat membantu ribuan pengguna secara bersamaan.

    SQL Server hadir dengan sejumlah alat untuk membantu administrasi database dan tugas-tugas pemrograman. SQL Server jauh lebih kuat dan terukur daripada sistem manajemen database desktop seperti Microsoft Access (Baca : Tentang Microsoft Access). Penggunaan Access sebagai database pada website umumnya menghasilkan error yang lebih banyak dibanding SQL Server. Meskipun SQL Server juga dapat dijalankan sebagai sebuah sistem database desktop, SQL Server paling sering digunakan sebagai sistem database server.

Server Database System (Server berbasis sistem database)
    Sebagai contoh, sebuah website dapat menyimpan semua konten di database. Setiap kali sebuah artikel dibaca pengunjung, mereka mengambil data dari database. Seperti yang anda ketahui, situs web biasanya tidak terbatas hanya pada satu pengguna. Jadi, pada suatu saat tertentu, sebuah website bisa melayani sampai ratusan, atau bahkan ribuan artikel untuk pengunjung website. Pada saat yang sama, pengguna lain dapat memperbarui profil pribadi mereka pada menu anggota, atau berlangganan newsletter, atau apapun yang pengguna situs web lakukan.

    Jelasnya, SQL Server adalah sebuah pemrograman database yang dapat di akses melalui jaringan atau internet. SQL Server juga dapat digunakan sebagai database pada aplikasi yang dibuat dengan bahasa pemrograman tertentu. Bila dibandingkan dengan database yang di miliki Microsoft Access, database SQL Server jauh lebih powerfull. Baik di lihat dari sisi security maupun kemudahan aksesnya. Terlebih kapasitas kemampuan database pada SQL Server untuk menampung data ke dalam record jauh lebih besar daripada yang di miliki oleh Access.

    Sedangkan bahasa pemrograman yang digunakan untuk SQL Server adalah Microsoft SQL Server. Sesuai dengan generasinya, secara garis besar Microsoft SQL Server dapat dibagi menjadi beberapa versi. Yaitu Microsoft SQL Server 2002, 2005, dan Microsoft SQL Server 2008. Di ilmu programming kita akan menggunakan Microsoft SQL Sever yang versi 2008. Bila anda belum memiliki software nya, silahkan hubungi saya melalui contact. Untuk saat ini saya tidak dapat meng Upload ke hosting, mengingat ukurannya dalam satuan GB. Anda dapat mendapatkan softwarenya secara langsung melalui contact. Untuk panduan Install nya, bisa lihat disini

0 comments:

Posting Komentar

* No Spam
* No Promotion
* No Link

Follower


My Inspiration

Roy Tanck's Flickr Widget requires Flash Player 9 or better.

About Me

Foto Saya
Aku bukan yang terbaik... Namun aku akan selalu belajar untuk memberikan yang terbaik dan untuk menjadi yang terbaik.